Rabu, 17 Juni 2009

Sekilas Aktivitas di SMA PGRI 2 Palembang


Sekilas Aktivitas di SMA PGRI 2 Palembang

Oleh : Dessi Atikah, S.pd.

(foto di ruang kantor SMA PGRI 2 Palembang)

Siswa merupakan sosok individu yan(g beragam dari tingkat intelektualitas, minat dan bakatnya. Mereka tidak mau dijadikan objek dalam pembelajaran, Melainkan juga harus dijadikan subjek. Hal inilah yang menjadi inisiatif di SMA PGRI 2, untuk selalu melengkapi berbagai sarana sehingga pembelajaran disekolah menjadi menyenangkan dan tidak menjenuhkan.

SMA PGRI 2 Palembang terkenal dengan kedisiplinannya, dan banyaknya kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, dan berbagai ajang bakat siswa yang bisa disalurkan melalui turnamen-turnamen yang diadakan disekolah pada waktu-waktu tertentu, ataupun pada saat memperingati hari besar, dan perlombaaan antar sekolah maupun tingkat kota.

Tidak semua siswa memiliki tingkat kecerdasan yang sama. Selain ada siswa yang pandai dalam hal akademik, ada juga siswa yang menonjol dalam hal non akademik. Siswa yang pandai dalam bidang akademik, mereka akan tergabung dalam berbagai kegiatan sesuai dengan minat dan bakat mereka, misalnya; Club matematika yang diberi nama Antik (ANak cinta matemaTIKa), Club Computer (Anak kompak), atau English Club dan lain sebagainya. Sedangkan siswa yang menonjol dalam hal non akademik juga dapat menyalurkan prestasi mereka melalui beberapa kegiatan, seperti : sanggar tari, teater, band, masak-memasak, futsal , dan beberapa kegiatan ekskul seperti; Pramuka, Rohis, PMR, Paskibraka dan masih banyak lagi kegiatan yang lainnya, Mereka juga aktif dalam mengikuti perlombaan-perlombaan yang sering diadakan antar sekolah , mulai pertandingan persahabatan ataupun kejuaraan. Dan siswa SMA PGRI 2 selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi sekolahnya, ini terlihat dari keseriusan mereka dalam berlatih, tanpa mengganggu jam pelajaran tentunya. Ternyata hasilnya memang memuaskan, mereka selalu membawa pulang piala kemenangan dan membawa harum nama sekolah. Ini suatu kebanggaan yang patut diacungi jempol bagi siswa-siswi SMA PGRI 2 Palembang. Begitupun pada saat hari besar seperti memperingati hari kartini di bulan April (bila tidak bersamaan dengan UN) , sekolah mengadakan lomba kebaya mirip R.A. Kartini bagi perempuan dan pakaian rapi (stelan jas, pakaian adat, pakaian koko) untuk laki-laki, dengan berjalan diatas catwalk, lomba band antar kelas juga diadakan. Selain itu Pada saat 17 Agustus sekolah juga mengadakan lomba pakaian merah – putih (casual) dan siswa berjalan sambil berlenggak-lenggok diatas catwalk bagaikan pragawati, bagi mereka yang terbaik, dan terpilih oleh juri khusus modelling yang didatangkan langsung dari Jakarta, maka mereka akan diikut sertakan ke jenjang perlombaan yang lebih tinggi lagi. Dan masih banyak lagi perlombaan-perlombaan lainnya, seperti ; lomba Azan, Qultum, puisi, membaca Al Qu’ran, cerdas-cermat matematika, semua ini dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam/ Tahun baru Hijriyah pada tanggal 1 Muharram.

Dan tak kalah pentingnya, siswa didampingi oleh guru-guru mendapatkan siraman rohani, dengan berkunjung ke masjid yang berbeda untuk mendengarkan ceramah agama, seperti masjid Agung, masjid Al-Fathul Akbar , dan masjid lainnya pada saat memperingati acara Isra mi’raj nabi Muhammad saw. Semua ini tujuannya adalah agar siswa mempunyai keseimbangan antara kemajuan IPTEK (Ilmu Pegetahuan dan Teknologi) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa).

O ya, selain itu SMA PGRI 2 juga mempunyai warung jujur, artinya dijaga oleh siswa sendiri , siswa yang belanja dan melayani dirinya sendiri untuk melatih kejujuran siswa dalam berbelanja. Yang kesemua makanan itu hasil buatan siswa itu sendiri. Tapi program ini hanya pada hari-hari yang ditentukan saja( 2x dalam seminggu), hal ini untuk melatih siswa agar dapat terjun langsung dalam penerapan dari pembelajaran ekonomi disekolah, begitulah yang diharapkan oleh Bapak wakil kepala sekolah urusan kurikulum Sugiarto ,SE, sekaligus sebagai guru ekonomi, yang pernah meraih prestasi sebagai juara ke-3 dalam rangka pembuatan KTSP tingkat Sumbagsel.

Proses pembelajaran disekolah SMA PGRI 2 Palembang, sangat mengutamakan pelayanan kepada siswa, disamping tidak melupakan kedisiplinan dalam pembelajaran . Guru membimbing, mendidik dan melatih siswa , sekaligus sebagai fasilitator dan inisiator dalam proses pembelajaran. Sebaga inisiator maksudnya guru mampu mengetahui dan memahami kondisi siswa, lingkungan permainan siswa, bakat siswa, kecenderungan siswa, mata pelajaran siswa, kondisi orang tua siswa, keberhasilan dan kegagalan siswa.

Siswa tidak perlu repot-repot untuk memikirkan pembayaran uang buku setiap hari, sampai tidak masuk sekolah dikarenakan ketakutan dengan guru yang akan menagih. Tapi sekolah telah memdrop buku diawal tahun pelajaran, dan dipinjamkan kepada siswa, tetapi dengan ketentuan yang telah ditentukan dari sekolah. kebijakan ini diambil berkat saran dari wakil urusan sarana dan prasarana, Ibu Dra. Rosdiana, yang sekarang sedang menempuh Program Pasca Sarjana (S2).

Selain itu siswa-siswi di SMA PGRI 2 terlatih menggunakan laptop pada saat pembelajaran berlangsung, karena sekolah memfasilitasi internet bagi siswanya. Sehingga dalam menyongsong kemajuan IPTEK, siswa diharapkan dapat mengikuti perkembangan zaman.

Hubungan yang terjalin antara siswa dan guru juga sangat baik, dan sangat kekeluargaan. Perhatian wali murid juga sangat berperan dalam membimbing siswa dalam proses pembelajaran , sehinggga kontak dengan wali murid tidak boleh terputus. Guru siap membantu disaat siswa membutuhkan bantuan, artinya , guru tidak hanya sekedar menyampaikan ilmu yang berupa Verbalistik-fisik, melainkan unsur psikologis turut andil besar dalam mencapai tujuan.

Disinilah unsur psikologis hendaknya sama atau mendekati kesamaan antara guru dan siswa. Sehingga dapat membuat siswa lebih terbuka, dan terjalin kedekatan antara siswa dan guru yang tentunya juga memperhatikan norma-norma dalam batas kewajaran.

Siswa juga dilatih untuk lebih peduli terhadap lingkungan disekitarnya. Baik dari segi kebersihan lingkungan disekitar ataupun kepedulian sosial seperti : musibah yang terjadi diluar batas kemampuan manusia, misalnya bencana alam, kebakaran, gempa dll. Dalam hal kepedulian siswa-siswi SMA PGRI 2 sudah terlatih untuk membantu mereka yang membutuhkan. Bahkan ada kegiatan rutin mereka yang terprogram, misalnya ; mengunjungi panti asuhan, dengan memberikan bantuan seadanya.

Pemotongan hewan qurban, juga salah satu kegiatan dari siswa pada saat hari raya qurban / idul adha. Begitu juga pada saat bulan ramadhan, “pesantren kilat” juga menjadi prioritas tahunan sekolah kita, selain itu acara “ buka bersama” , antara guru dan siswa serta para staf pegawai sekolah, juga diadakan . Tujuannya untuk lebih meningkatkan rasa kekeluargaan dan tali silaturahmi antar semua. SMA PGRI 2 Palembang juga memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu (anak Yatim), serta bantuan dan sumbangsihnya bagi siswa ataupun guru yang mendapat musibah. Alhamdulillah SMA PGRI 2 Palembang sekarang ini sudah menjadi salah satu donator tetap pada salah satu masjid. Karena tak pernah ada tutur kisah bahwa orang yang rajin bershodaqoh lantas hidupnya jadi miskin, melarat, dhaif, dan menderita. Justru para dermawan itu, yang ikhlas lillahi ta’ala, hidupnya makin bertabur harta, makin mulia dan makin bahagia.

SMA PGRI 2 Palembang juga dalam setiap kegiatan-kegiatan atau lomba, siswanya selalu berpartisipasi dalam hal turut serta berperan dalam mengisi acara. Siswa SMA PGRI 2 juga dapat diandalkan kebolehannya dalam hal, Seperti; lomba dance, child leader, kaligrafi, modeling, paduan suara, MC, Ngelenong, karya tulis dan lain sebagainya , karena mereka semua selalu dilatih dan didampingi oleh guru/ pelatih di SMA PGRI 2 yang berwawasan luas dan sudah berpengalaman.

Kesemuanya ini tidak lepas dari peran serta dan perhatian dari Bapak kepala sekolah SMA PGRI 2 Palembang, Drs. Surmana, MM. Yang telah memfasilitasi semua yang dibutuhkan oleh siswa dalam hal mengembangkan bakatnya. Karena beliau sangat perhatian terhadap siswa yang mempunyai bakat agar dapat disalurkan, dan beliau selalu memotivasi dan memberikan dukungan penuh , asalkan itu suatu hal yang positif. Dan beliau berharap agar peserta didik nantinya setelah selesai dari SMA PGRI 2 Palembang, dapat berperan serta secara nyata dan mempunyai nilai lebih dimata masyarakat dikemudian harinya.

Tidak ketinggalan juga dengan gurunya, Bapak Drs. Surmana, MM juga mengharapkan dalam menyongsong sekolah berstandar internasional di kemudian harinya, beliau melengkapi sarana bagi guru yang ingin belajar bahasa inggris, dan yang belum bisa computer disiapkan tempat belajar (ruang kursus) dan tutor pengajarnya. Sehingga diharapkan kedepannya guru tidak ketinggalan dengan siswanya. Guru harus selalu memotivasi dirinya untuk selalu lebih baik .

Keteladanan dari contoh-contoh yang beliau terapkan melalui Perbuatan dan pesan tanpa suara secara terus menerus, tidak mengenal lelah dan jauh dari kata “bosan”, merupakan salah satu penyemangat bagi guru dalam bekerja dan memberikan yang terbaik bagi sekolah. Dengan kharisma kewibawaan beliau, guru dapat bekerjasama saling bantu secara bersama-sama, dan merasa menjadi satu keluarga besar yang saling melengkapi satu dengan lainnya. Agar secara bersama-sama dapat membuat SMA PGRI 2 menjadi sekolah “Plus” di mata masyarakat. Kami selaku guru sangat membutuhkan figur seperti beliau, karena di masa sekarang ini sulit mendapatkan seorang pemimpin yang lebih mengutamakan kepentingan orang banyak diatas kepentingan pribadi, atau lebih tepatnya mendahulukan kewajiban daripada haknya. Ini merupakan pemicu bagi kami untuk selalu menjadi lebih baik, dengan mengambil pelajaran yang tersirat, dan belajar banyak melalui tauladan yang tanpa sadar telah beliau wariskan secara bertahap kepada kami selaku guru SMA PGRI 2 Palembang. beliau merupakan tipe pemimpin sekarang dan juga dimasa yang akan datang.

Dalam proses pembelajaran akademik SMA PGRI 2 Palembang, mempunyai standar KKM 7,0. Sehingga saat detik-detik menghadapapi Ujian Nasional, sekolah mengadakan try out bagi siswa secara berulang sampai 2-3 kali, dan les tambahan membahas soal-soal UN yang diadakan oleh sekolah setiap hari minggu secara gratis. Hal ini dilakukan agar siswa tidak kaget dan benar-benar siap dalam menghadapi Ujian Nasional nanti ,Begitulah gagasan dari wakil kepala sekolah urusan kurikulum, Bapak Sugiarto, SE, dalam memajukan pendidikan disekolah, dengan tidak lupa mengacu pada tujuan pendidikan nasional, dan kurikuler. Beliau juga selalu mempunyai gagasan baru untuk diterapkan dan sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat global.

Alhamdulillah…, hasil Ujian Nasional (UN) tahun ini SMA PGRI 2 Palembang lulus 100%, dengan menduduki peringkat ke-3, peringkat pertama oleh SMA Negeri 5, dan yang kedua dari SMA negeri Unggulan 17 Palembang . Semoga prestasi akademik ini tidak membuat kita semua terlena dan takabur, tapi dapat di jadikan suatu tantangan kedepan agar menjadi lebih baik lagi. Begitu pesan Bapak kepala sekolah, Drs. Surmana,MM.

Untuk melepaskan masa akhir sekolah bagi siswa kelas x11, SMA PGRI 2 Palembang mengadakan acara purna wisuda dengan pengalungan Gordon, dan bagi siswa-siswi berprestasi dengan didampingi oleh orang tuanya ,dipersilahkan keatas panggung guna mendapatkan ucapan selamat dari guru-/guru dan sedikit kenang-kenangan dari sekolah, karena setiap prestasi anak akan dihargai. Itu merupakan bukti kepedulian sekolah terhadap siswa dan wali murid. Acara purnawisuda, sudah tiga tahun ini, dilaksanakan di Gedung dan Restaurant “PAGI – SORE “ dan selain dihadiri oleh siswa ,guru dan wali murid, hadir pula para undangan dan petinggi-petinggi lainnya , tak terkecuali dari diknas kota dan diknas provinsi. Kemungkinan sekolah akan mencoba mengadakan digedung-gedung lainnya, bila hal itu memang keinginan dari siswa, dengan tetap mempertimbangkan kemampuan dari wali murid . Sekolah merupakan bentuk masyarakat kecil dan dalam realitasnya sekolah berada ditengah-tengah masyarakat sebagai stakeholder. Dengan demikian, sekolah hendaknya mampu berhubungan dengan masyarakat sebaik-baiknya. Dan diharapkan mempunyai kontribusi dalam pembangunan masyarakat sehingga interaksi social dapat berjalan dengan aman, damai dan harmonis. Terlepas dari itu yang terpenting adalah untuk menambah pengalaman dan wawasan siswa diluar dari lingkungan sekolah, ini merupakan program sekolah yang diserahkan sepenuhnya kepada wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, Bapak Suherman ,S.Pd, yang sekarang juga sedang menempuh Program Pasca Sarjana (S2).

Baralih ke acara Karya Wisata SMA PGRI 2 Palembang selalu mengunjungi daerah – daerah lokal terlebih dahulu pada saat MOS (Masa Orientasi Siswa) bagi siswa baru, sebagai awal pengenalan daerah wisata yang ada di kota Palembang. Lalu kemudian mereka diperkenalkan dengan daerah wisata lainnya diluar kota , seperti berangkat ke kota Lampung, Curup, Pagaralam, dan kota lain yang mempunyai nilai sejarah atau ciri khas sendiri. Bagi siswa yang ingin keluar provinsi, SMA PGRI 2 Palembang juga mengadakan perjalanan rutin ke Bali, Jakarta, Bandung, dan Jogya. Semua ini telah menjadi program tahunan dari Wakil kepala sekolah urusan Humas, Ibu Dra. Narwani .

Itulah sekilas tentang aktivitas siswa dan guru, yang ada di SMA PGRI 2 Palembang, Semoga semakin kedepan SMA PGRI 2 semakin lebih baik lagi dalam hal memberikan pelayanan dan perhatiannya kepada masyarakat, dan khususnya kepada siswa –siswi SMA PGRI 2 Palembang yang mempunyai prestasi dan bakat yang terpendam agar dapat dikembangkan. Semua ini merupakan tujuan mulia dan sangat kita harapkan , semoga Allah senantiasa meridhoi perjalanan kita, dan selalu melimpahkan rahmatnya bagi kita semua, dengan niat yang baik, mudahan-mudahan Allah akan menyempurnakannya , Amin Ya Robbal Alamin.

Ingat !!! Pada dasarnya tidak ada anak yang bodoh, malas dan tidak bersemangat dalam belajar. Yang ada hanyalah anak yang tidak mempunyai tujuan apa-apa dan impian untuk apa dia belajar. Dari hasil penelitian anak-anak yang dahulu dicap bodoh dan aneh, seperti : Einstein, Thomas A. Edison, Issac Newton, Mozart dan lain-lain ternyata setelah dewasa mereka mencatat sejarah dengan tinta emas! Mengapa mereka bisa berhasil? Ternyata sewaktu kecil mereka memiliki idola yang ingin mereka ikuti. Mereka memiliki tujuan, impian dan cita-cita untuk dicapai sehingga mereka memiliki motivasi yang luar biasa untuk sukses.

Tunggu apa lagi ….., mulailah kembangkan bakat intelektual anda melalui SMA PGRI 2 Palembang. Kami tunggu kedatangannya , Mari bersama kita berperan serta dalam mengisi kemerdekaan ini.

Salam.., dari SMA PGRI 2 Palembang. MERDEKA !!!

3 komentar:

  1. Saya juga salut dengan SMA PGRI 2 Palembang, Walaupun termasuk sekolah swasta namun prestasi nya tak kalah dengan sekolah negeri unggulan. Keramah tamahan yang telah di berikan kepada kami sebagai mahasiswa ppl ppg daljab 2019 sangatlah berkesan. Terima kasih telah menerima kami menjadi bagian keluarga SMA PGRI, walau hanya sesaat akantetapi sekolah ini akan menjadi bagian yang kami rindukan. Jaya selalu SMA PGRI 2 Palembang.

    BalasHapus
  2. Saya juga salut dengan SMA PGRI 2 Palembang, Walaupun termasuk sekolah swasta namun prestasi nya tak kalah dengan sekolah negeri unggulan. Keramah tamahan yang telah di berikan kepada kami sebagai mahasiswa ppl ppg daljab 2019 sangatlah berkesan. Terima kasih telah menerima kami menjadi bagian keluarga SMA PGRI, walau hanya sesaat akantetapi sekolah ini akan menjadi bagian yang kami rindukan. Jaya selalu SMA PGRI 2 Palembang.

    BalasHapus